Headlines News :

.

Selamat Datang di Blog KUA Kecamatan Banyubiru | Say No To Nikah Sirri | Jumlah Angka Pernikahan KUA Kecamatan Banyubiru Tahun 2015 = 321 N, Tahun 2016 = 299 N, Tahun 2017 = Januari 27 N. |
Home » » Program Unggulan KUA Banyubiru

Program Unggulan KUA Banyubiru

Written By kuabanyubiru on Senin, 04 Mei 2015 | 23.45


Jika dilihat secara riil dan dipahami secara aplikatif  dari semua agenda program, maka dari beberapa program kerja yang dicanangkan KUA Kecamatan Banyubiru, ada lima program ungggulan yang akan diupayakan untuk dilaksanakan oleh KUA Kecamatan Banyubiru yang semuanya mengarah kepada terwujudnya pelayanan prima terhadap masyarakat :

01.    Komputerisasi pelayanan nikah.
      Program ini kami laksanakan dengan berbasis pada program Simkah yang telah tersedia. Mulai dari Aplikasi  data Nikah, talak, cerai, rujuk, wakaf dan kemasjidan meskipun masih harus ditingkatkan Misalnya data nikah yang telah di masukkan dalam  aplikasi  simkah mulai tahun 2012 sampai tahun 2013 belum semuanya dimasukkan dalam aplikasi sedangkan tahun 2013  sampai sekarang sudah dapat ter entry seluruhnya .  Hal ini untuk kerapi-an data, efektifitas data, mudah dicari dan disimpan dan mudah untuk diolah.  Hal ini juga karena dipicu keadaan kami yang mengalamai keterbatasan SDM baik dari sisi kualitasnya maupun dari sisi kuantitasnya, sementara tugas-tugas rutin semakin banyak, maka salah satu solusi untuk memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat adalah dengan sistem komputerisasi, termasuk dalam memberikan pelayanan fatwa dan hukum.
02.    Kualitas  personil KUA
Karyawan KUA Kecamatan Banyubiru tidak bosan untuk selalu belajar, kemudian selalu aktif mengikuti perkembangan informasi, jika ada pelatihan atau diklat diupayakan semaksimal mungkin agar bisa ikut , seluruh karyawan juga agar dibiasakan berdiskusi bukan ngerumpi terhadap persoalan persoalan yang berkembang, mereka diharapkan agar mau bersama sama memecahkan persoalan yang ada ataupun yang mungkin adanya.  Kami juga selalu berlatih untuk bahsul masail, bahkan mungkin hampir tiap dua minggu sekali rapat staff/ staff metting untuk belajar dan belajar. Kemudian pada persoalan Hukum kamipun berencana akan memulai diskusi dan munadzoroh kitab kuning maupun buku buku modern yang berkualitas tentang hukum Islam dan kasus sosial. Pada Bulan Romadlon khususnya kami perbanyak dengan Munadzoroh Kitab suci Al Qur’an.  Salah satu untuk terbentuknya karyawan yang professional, kami memprogramkan supaya karyawan KUA Kecamatan Banyubiru paham terhadap isi kitab kuning minimal bab munakahat dari kitab Kifaytul Ahyar dan fatkhul mu’in. Hal itu tiada lain untuk menjawab persoalan keagamaan yang sering dilontarkan kepada KUA oleh masyarakat dengan jawaban yang tepat.
03.    Memanfaatkan fasilitas internet.
Kami akan mencoba memberikan semua informasi yang berkaitan dengan Tugas dan fungsi KUA Kecamatan,  khususnya informasi tentang pernikahan, Keluarga Sakinah, Kemasjidan, pembinaan syariah, , Hisab rukyat serta Haji dan Umrah. Kami kemas dalam sebuah informasi yang apik dan menarik dalam Website KUA Banyubiru. Untuk Informasi Pernikahan kami juga sudah menyediakan fasilitas NC Of line dan pencarian data Nikah melalui pelayanan sistem informasi digital (touch screen) dan NC online di Website kami .Hal ini sangat penting untuk mengikuti perkembangan arus teknologi informasi. Dengan program ini diharapkan mobilitas pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan, karena segalanya bisa diakses lewat Website KUA.
04.  Layanan sistim informasi digital
Layanan yang dilengkapi Dengan fasilitas touch screen ini masyarakat dapat mengakses beberapa menu yang diperlukan secara mandiri antara lain :
1.        Pengambilan nomor antrian layanan
2.        Pengisian buku tamu
3.        Pengumuman kehendak nikah ( NC )
4.        Penyampaian kritik dan saran kepada KUA
5.        Pencarian data nikah
6.        Arah kiblat
7.        Mengakses web KUA kecamatan Banyubiru.
8.        Pendaftaran Nikah secara mandiri.
9.    Absensi Pinger print pegawai KUA.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SAMBUTAN

Assalamu ‘alaikum Wr Wb.

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah, seiring dengan perkembangan jaman yang terus bergulir seperti roda dengan sangat cepat, diperlukan sebuah langkah yang positif dan tepat bagi kegiatan pelayanan di KUA Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Jawa Tengah....

selengkapnya..

SISTEM INFORMASI BIMAIS

PENGUMUMAN KEHENDAK NIKAH

JADWAL SHOLAT

 
Support : Creating Website | Zoel | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. KUA Kecamatan Banyubiru - Jl. Roling Randusari No 3 banyubiru. Telp 0298-592889
Template Design by Creating Website Published by Mas Template